Medan Sumatera Utara

This slideshow requires JavaScript.

Kegiatan IMEU I / 2010 dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2010 di Hotel Aryaduta Medan untuk acara welcoming dinner oleh Kemlu RI, pembukaan kegiatan oleh Gubernur Sumatera Utara, seminar dan dialog interaktif, serta one-on-one business meeting.

Malam harinya Gubernur Sumatera Utara mengundang para Duta Besar dan seluruh anggota delegasi pengusaha Timur Tengah pada acara makan malam di Arena Pekan Raya Sumatera Utara Paviliun Pemprov Sumut. Pada acara tersebut, Pemprov Sumut mempersembahkan pertunjukkan musin dan tari khas Sumatera Utara yang bernuansa Islam disamping berbagai jenis makanan khas Melayu dan Arab.

Hari selanjutnya, Bapeda Pemprov Sumut memandu seluruh delegasi melakukan peninjauan fisik fasilitas Pelabuhan Belawan. Dilanjutkan dengan peninjauan ke perusahaan PMA dari Yaman di bidang pengolahan kelapa sawit di Kawasan Industri Medan (KIM) serta diakhiri dengan kunjungan ke Pantai Cermin di Serdang Bedagai untuk melihat peluang usaha di bidang pariwisata, perkebunan dan pertanian. Pada kesempatan kunjungan ke Pantai Cermin, Pemda setempat juga menyambut dengan suguhan musik dan tari serta aneka makanan khas melayu pada kesempatan makan siang.

Pada kesempatan kegiatan IMEU I / 2010 di Mesan hadir 2 orang Duta Besar RI untuk Suriah dan Yordania, 1 orang KUAI RI (Lebanon), 24 pengusaha Sumatera Utara dan 16 pengusaha Timur-Tengah (Aljazair, Sudan, Lebanon, Syria, Yordania, Iraq, UEA).

Peluang investasi pada Industri Sarung Tangan Karet untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja mendapat sambutan dari pengusaha dari UEA yang langsung menggandeng mitra pengusaha setempat. Sebagai langkah awal, telah dibeli kawasan seluas 25 ha di lingkungan KIM yang akan digunakan sebagai pabrik pembuatan sarung tangan karet tersebut.

Produk-produk lokal lainnya yang diminati dan terjadi transaksi/ tindak lanjut a.l. adalah:

  1. Makanan dan minuman produk PT Olagafood (Lebanon, Sudan)
  2. Furnitur (Sudan)
  3. Accu/battery mobil (Yordania)
  4. Kertas (Yordania)
  5. Ban mobil (Yordania)
  6. Ayam olahan (Yordania)
  7. Kopi (Aljazair)